Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Tujuan ANBK



Apakah sekolah kalian sudah menyelenggarakan ANBK? Apakah ANBK itu? Yang masih bingung mari kami sedikit jelaskan tentang ANBK.

ANBK alias Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Yap! pada zaman dahulu sering dikenal sebagai ujian nasional, menggunakan kertas dan menghitamkan pilihan jawaban pada lembar jawaban. Berhubung ini sudah memasuki zaman yang serba digital, maka ujian nasional tentu saja menyesuaikan pada teknologi sekarang.

ANBK dapat dilaksanakan menggunakan computer atau laptop disertai jaringan internet. Meskipun terlihat sangat  futuristic, namun masih banyak permasalahan di dalam prakteknya. Salah satu yang utama adalah jaringan internet dan Device untuk menyelenggarakan ANBK. Karena sekolah dituntut untuk mempunyai internet dan computer atau laptop untuk melaksanakan ANBK disekolah.

Lalu tujuan ANBK itu apa sih? Bagaimana instrument penilaiannya? Yuk simak ulasan berikut ini!

 

Tujuan Diselenggarakannya ANBK

Meskipun ANBK merupakan inovasi baru dan memiliki beberapa permasalahan, namun keberadaannya memiliki tujuan yang baik demi masa depan Pendidikan negara Indonesia. Tujuan ANBK ini terdiri atas beberapa hal penting yang merupakan turunan dari instrument penilaiannya, yakni :

  • Meningkatkan Kualitas KBM 
Dari adanya ANBK ini, kita dapat mengetahui bagaimana kualitas dari proses belajar mengajar di masing-masing sekolah. Apabila proses KBM disekolah berjalan secara baik, tentu saja hasil belajar juga maksimal.

  •  Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi

Dalam ANBK terdapat instrument penilaian berupa AKM yang didalamnya berisikan soal literasi dan numerasi. Dari soal tersebut dapat dijadikan evaluasi untuk memaksimalkan kemampuan peserta didik dalam hal numerasi dan literasi.

  • Menganalisis Karakter Sekolah

Adanya ANBK juga berguna untuk mengetahui karakter sebuah sekolah, bagaimana karakter guru dan peserta didik serta menganalisis karakter yang dikaitkan dengan aspek profil belajar Pancasila.



Cara Verifikasi Data Untuk ANBK

Bagaimana caranya untuk mengerjakan ANBK pada tahun ini? Bagaimana cara verifikasi data peserta didiknya? berikut ini adalah uraiannya yang didasarkan pada penjelasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

  1. Buka laman https://anbk.kemdikbud.go.id/
  2. Isi username dan password yang sesuai dengan data dirimu.
  3. Buka menu ‘Konfirmasi Data Peserta Didik’ apabila kamu sebagai peserta didik hendak mengkonfirmasi data dirimu. Sementara apabila kamu adalah guru atau kepala sekolah dapat memiliki menu ‘Konfirmasi Kepsek dan Pendidik’.
  4. Lengkapi data yang ada, mulai dari data diri, unggahan foto atau berkas pribadi, dan lainnya.
  5. Jika kamu mengalami kesulitan, dapat menghubungi satuan pendidik misalnya guru.
  6. Jangan lupa untuk mengisi instrumen survei lingkungan belajar, terutama jika kamu adalah kepala sekolah atau guru di laman  https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Tujuan ANBK"